My thought about: cabai, antara pelezat dan jerawat

Photo: credit to the owner 

Hello, hari ini aku akan membahas tentang topik yang agak melenceng tapi masih ada hubungannya sedikit lah tentang kecantikan. Teman-teman siapa sih yang gak kenal cabai. Aku sebagai pemegang motto semakin pedas semakin enak, biasanya merasa kurang kalau gak makanan itu gak di tambah saus cabai homade atau botolan. Aku sering buat sendiri seperti cabai rawit yg dipotong kecil2 trus di tambah kecap manis dan jeruk nipis yang sangat cocok utk ikan goreng atau bakar, dan cabe rawit potong plus kecap asin ditambah gula utk terong goreng atau tahu. Pokoknya mantap bingits lah. Tapi apa teman2 tahu bahwa makan cabai terlalu banyak itu bisa sebagai pemicu terbentuknya jerawat! Yah memang sangat berat sebenarnya aku membuat tulisan ini, karna bahkan tepat sebelum aku mengetik tulisan ini aku baru saja makan ikan goreng dengan cabepotong+kecapmanis+jeruknipis. Hihi.


Well, jadi topikny adalah, apakah benar makanan pedas bisa menyebabkan jerawat? Memang sebenarnya secara langsung cabai tidak menyebabkan jerawat. Tapi prinsipnya begini pada saat kita makan cabai bisanya kita akan mulai kepedasan dan suhu tubuh kita akan meningkat. Nah itu dapat menyebabkan produksi keringat dan minyak berlebih pada wajah sehingga dapat menyumbat folikel di wajah kita sehingga akhirnya terbentuk bruntus2 kecil yg biasnya kita sebut komedo putih dan tinggal tunggu waktu utk menjadi jerawat dan utk kasus ku kadang dia jadi komedo hitam dan akhirnya kalo uda matang pas aku coba garuk pake tangan bisa keluar tanpa mengalami proses menjadi jerawat. Tapi yah setelah itu harus langsung dibersihkan dan biasa aku tutup dengan acne cover biar lubangnya gak dimasukin kuman trus jadi infeksi pulak nantinya.

acne cover, link: http://pinkyelo.blogspot.co.id/2017/04/review-acne-cover-nexcare-vs-derma.html

Jadi aku akan cerita dikit. Bbrp tahun yang lalu itu aku pernah mengalami salah satu breakout yg paling berat dalam hidupku. Dan setelah kutelaah ternyata penyebabnya adalah karna aku makan sayur tapi pake sambal ulek hampir tiap hari. Jadi mmg sebelumnya aku uda ada jerawat di sekitaran T-zone yah mgkin karna hormon dan kurang istirahat. Jadi aku berniat utk membantu menghilangkan jerawat dengan makan lebih banyak sayur. Sebenernya itu aku agak susah makan sayur jadi supaya bisa makan banyak aku colekin sambal. Tapi itu ternyata kesalahan terbesar yang sudah kulakukan, karna bukannya cepat menghilang, malah makin bertambah banyak, dan akhirnya merambat ke pipi dengan banyak komedo2 putih kecil2 itu. Sampai akhirnya aku harus pergi menemui spkk (yang skarang jadi langganankyuh ❤) karna uda gak sanggup menyembuhkan diri sendiri. Ngeri banget deh pokoknya kemarin itu.

Sekarang setelah aku sudah bisa mengontrol wajahku, aku jadi mengerti bahwa penyebabnya adalah karna aku terlalu banyak makan cabai! Dan pas makannya itu aku memang sering kepedasan hingga keringatan, dan itu kemungkinan besar atau aku bahkan skrg bisa bilang "pastinya" itu yang mebentuk komedo2 kecil di seluruh wajahku.

Utk itu teman2 berdasarkan pengalamanku, mgkin kalau mmg yang lagi berjerawatan dan masi bandel dan susah dihilangkan, mgkin coba diperhatikan makanannya apakah sering pedas-pedas? Kalau mmg iya mungkin bisa dikurangi dulu makan pedas atau dihentikan dulu utk sementara sampai membaik. Yah walopun gak semua orang bakal breakout kalau makan pedas. But at least we try our best. Hihi

Oh dan kalau aku banyak2 makan buah utk mencegah dan mengobati timbulnya jerawat, itu sangat, sangat membantu!!! Pernah selama sebulan aku harus les di tempat yang panas karna AC disana pas lagi rusak. Tapi tiap sore setelah aku dibuatin satu mangkok buah oleh mama. Dan walopun selama sebulan aku panas-panasan, dan makanan gak sehat, serta kurang istirahat (semua pemicu jerawat utkku) tapi jerawatku sama sekali gak muncul. Garis bawahi, sebiji pun nggak selama sebulan itu. Begitu syok nya aku dengan hasilnya. Karna biasanya kalau tanpa pemicu pun kadang jerawatku mau tumbuh sebiji, atau 2 biji kalau mao datang bulan (yah jerawat hormon) tapi kemarin tuh pas mao datang bulan pun wajahku tetap kelincelongg πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚ yah susah diterapkan sih kalau sendiri.. malasnya kebesaran. Kemarin kan dibuatkan. Tapi jadinya aku lebih aware. Kalau mmg jerawatku uda banyak dikit biasanya aku makan buah rutin bbrp hari biar lebih cepat sembuh jerawatnya. Buah itu Membantu pengontrolan sekali utk ku. Hehe

Jadi sekian bincang2 aku hari ini. Semoga bisa membantu. See you soon ❤

Comments